Tips & Trik Menghadapi Sidang Tugas Akhir

Tugas Akhir atau yang disebut juga dengan skripsi seakan menjadi puncak perjuangan perkuliahan seorang mahasiswa. Dalam semua tahap pengerjaan tugas akhir, mahasiswa dituntut untuk mengerahkan semua potensi diri agar mencapai akhir yang indah sebagai seorang mahasiswa ( baca : happy ending :D ).

Setelah melalui tahap memilih judul dilanjutkan dengan penelitian, pengerjaan sampai bimbingan, tibalah saatnya mempertanggungjawabkan semua yang sudah kita kerjakan :D . Mungkin bahasanya terlalu sadis, “mempertanggungjawabkan”, tapi itulah adanya. Anda harus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dikerjakan dalam tugas akhir anda.

Dalam menghadapi ilmu pelet ampuh di sidang tugas akhir, ada beberapa kiat yang digali dari pengalaman penulis. Alhamdulillah, penulis belum banyak lupa, soalnya baru sidang satu semester yang lalu :D

1. Catat dan Persiapkan Kebutuhan Presentasi Anda
Mempersiapkan semua kebutuhan presentasi mutlak diperlukan sebelum menghadapi sidang. Persiapkan dress code sidang jauh-jauh hari sebelum anda menghadapi hari H. Ketinggalan satu perlengkapan waktu hari H akan sangat mengganggu konsentrasi anda.

2. Latihan Presentasi
Latihan presentasi membuat anda dapat memberikan anda gambaran bagaimana suasana sidang tugas akhir yang anda hadapi. Apalagi jika anda memakai laptop atau komputer sendiri. Kesempatan mencoba setting proyektor akan banyak membantu anda waktu sidang.

3. Fokus terhadap Batasan Masalah dan Pencapaian Anda
Pada saat sidang tugas akhir, seringkali dosen penguji bertanya di luar konteks dan batasan pengerjaan tugas akhir anda. Misalnya jika tugas akhir anda membangun sebuah perangkat lunak, dosen mungkin bertanya apakah bisa menjalankan fitur A,B,C yang kadangkala berada di luar batasan di proposal anda. Maka, disini, anda harus memahami batasan masalah dan sejauh mana pencapaian anda, sehingga anda bisa memberikan jawaban yang tepat. Kalau memang sesuatu yang anda buat tidak bisa mengcover apa yang diinginkan dosen penguji, anda harus tegas berkata “tidak”.

4. Kesan Pertama sangat Menentukan
Dosen penguji di ruangan sidang anda adalah penentu kelulusan anda. Sebagai manusia biasa, dosen penguji anda tidak dapat sepenuhnya bebas dari menilai anda secara subyektif. Bangunlah kesan baik saat pertama ketika anda memasuki ruangan sidang. Jika dosen penguji belum mempersilakan anda masuk atau melakukan apapun, sebaiknya anda diam atau kalau sudah terlalu lama, ada baiknya anda meminta izin untuk mempersiapkan presentasi. Ketika presentasi dimulai sapalah semua yang ada dalam ruangan untuk menunjukkan penghormatan anda.

5. Banggalah terhadap Semua yang Anda Kerjakan
Seberapapun tingkat kesuksesan pengerjaan tugas akhir anda, ceritakanlah semua dengan antusias kepada penguji. Tugas akhir yang sudah anda kerjakan dengan susah payah, layak untuk diapresiasi. Dan orang pertama  yang harus mengapresiasi adalah diri anda sendiri. Kalau memang ada ketidaksesuaian dengan proposal yang anda ajukan, ceritakan beserta alasan dan analisa yang logis dari kegagalan anda. Penguji paling tidak akan menganggap anda sudah banyak belajar dari tugas akhir yang anda kerjakan.

6. Siapkan segala skenario
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi waktu anda presentasi. Bisa jadi laptop anda ngadat atau proyektor anda mati. Persiapkan semua rencana cadangan. Dan jika anda mengalami sesuatu hal yang buruk dengan presentasi anda, jangan panik. Segera katakan masalah anda ke penguji.

7. Nervous, Wajar kok :-)
Nervous menjelang sidang adalah hal yang lumrah dan biasa. Ini menunjukkan bahwa anda serius menghadapinya. Tapi, bukan berarti anda harus larut dalam rasa nervous anda. Tidak ada pilihan lain kecuali menghadapi rasa nervous anda dan buktikan hasil kerja keras anda !

8. Berdoa dan berdoa
Setelah semua usaha materiil, saatnya anda mempersiapkan sisi spiritual anda. Berdoa, berdzikir sebelum sidang akan banyak membantu menenangkan diri anda. Percayalah pada pertolongan Tuhan atas diri anda :-)
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

DAFTAR KEILMUAN

ads

    Mahar: Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah)
    Keterangan: Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh berisi 30 jenis keilmuan pelet tingkat tinggi asli Nusantara yang sudah terbukti ampuh untuk berbagai persoalan cinta asmara dan keluarga, kami berikan lengkap 30 jenis keilmuan berbeda ini kepada anda disertai khodam keilmuan yang diambil dari ayat – ayat mahabah pilihan sehingga aman di gunakan oleh siapapun tanpa resiko sama sekali.

    Mahar: Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) + ongkos kirim sesuai alamat anda
    Keterangan: Paket Ilmu Sapu Angin Khizib Bayu adalah suatu keilmuan yang sangat luar biasa, hanya dengan satu keilmuan ini bisa mengeluarkan berbagai fungsi yang sangat menakjubkan, seperti memindahkan awan hujan, berkomunikasi dengan ruh seseorang yang sedang tertidur, pengasihan, melancarkan rizky, kekebalan dan kesaktian, pagar ghoib, berkomunikasi dengan khodam, melakukan pengisian azimat, menghilang dari pandangan musuh, menundukkan hewan buas dan masih banyak lagi fungsi menakjubkan lainnya. Tanpa ritual atau puasa. Menggunakan pengisian dari kami melalui garam rajah dan asmak yang akan kami kirimkan kealamat anda.

    Mahar: Rp. 101.000 (seratus seribu rupiah) + ongkos kirim sesuai alamat anda
    Keterangan: Paket Minyak Rajah Al Karomah 1001 Khasiat merupakan minyak pelet pengasihan yang kami isi menggunakan energi beberapa jenis keilmuan hikmah dan khizib serta ayat – ayat dan doa tertentu yang sangat mustajab. Fungsi dari satu jenis minyak rajah ini setara dengan belasan jenis minyak pelet ampuh yang biasa di jual di tempat para praktisi supranatural. Multi fungsi dan kami juga akan ajarkan anda untuk bisa melakukan isi ulang minyak tersebut. Mahar sangat terjangkau hanya sebagai pengganti biaya minyak dan mahar prosesi serta ongkos kirim saja.

    Mahar: Rp. 77.000 (tujuh puluh tujuh ribu rupiah)
    Keterangan: Paket 30 Jenis Ilmu Kesaktian & Kekebalan berisi 30 jenis ilmu kesaktian dan juga kekebalan tingkat tinggi dengan tuah ampuh luar biasa asli peninggalan nenek moyang Nusantara. Dari ilmu kebal terhadap benda tumpul, pukulan, dan senjata tajam serta peluru. Bisa membuat kaku seperti patung orang yang menyerang kita, halimunan, rawarontek dan masih banyak lagi keilmuan ampuh sakti dan terbukti luar biasa tuahnya ini. Kami buatkan khodam khusus untuk anda dan 30 jenis keilmuan tersebut akan menjadi milik anda semuanya.

    Mahar: Rp. 79.000 (tujuh puluh sembilan ribu rupiah)
    Berisi teknik dalam melakukan gurah hidung dan pernafasan lengkap dengan tata caranya step by step aman dan alami, diajarkan juga cara membuat ramuan gurah tradisional yang alami dan mujarab.

    Mahar: Rp. 977.000 (sembilan ratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah)
    Berupa minyak bulu perindu yang sudah di berikan tambahan khusus berupa energi ilmu hikmah dan khizib serta doa doa mustajabah. Anda juga akan di berikan bonus spesial berupa seluruh paket keilmuan yang ada dalam situs ini secara Gratis.

    Mahar: Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah)
    Paket ini berupa garam rajah dan minyak untuk prosesi ruwatan anda dan keluarga maksimal 7 orang, bisa untuk tempat usaha rumah dan lainnya, sangat ampuh menghilangkan berbagai sengkolo dan kesialan dalam kehidupan.